You need to enable javaScript to run this app.

Sejarah Singkat SMK Negeri 30 Jakarta

  • Selasa, 08 Juni 2021
  • Admin

Pada tahun ajaran 1960–1961, SGKP (Sekolah guru kepandaian putri) dengan masa pendidikan 4 tahun diubah menjadi SKKA (Sekolah Kesejahteraan Keluarga Atas) dengan masa pendidikan 3 tahun. Pada saat itu di DKI Jakarta hanya terdapat 2 SKKA Negeri yaitu SKKA Negeri I dan SKKA Negeri II yang keduanya menempati gedung yang sama yang terletak di Jl. Dr. Sutomo Jakarta Pusat (Eks. Gedung SGKP). SKKA I masuk pagi dan SKKA II Masuk siang, dengan 3 jurusan yaitu: memasak, menjahit, dan perawatan bayi. Kepala Sekolah tahun 1960 -1965 adalah Ibu MUSTIKA.Tahun 1965 Jabatan Kepala Sekolah dilanjutkan oleh Ibu ADA WENAS. Tahun 1968 SKKA II pindah ke Jl. Daha Kebayoran Baru–Jakarta Selatan, saat itu jurusan perawatan bayi diganti menjadi Jurusan Kerajinan. Pada tahun 1970, SKKA II Pindah ke Jl. Pakubuwono VI Kebayoran Baru–Jakarta Selatan.

 

Pada tahun 1977 Kepala SKKA II dilanjutkan oleh Ibu HERMINTEN RUSLI SYARIEF. Usaha Swadaya yang dikembangkan saat itu adalah konfeksi, salon, toko, dan PU Boga.Pada masa kepemimpinan beliau, SKKA II mendapat predikat Sekolah Kejuruan TELADAN.Tahun 984 terdapat perubahan urikulum, sehingga nama SKKA Negeri II diubah menjadi SMKK (Sekolah Menengah Kesejahteraan Keluarga) Negeri 2, dengan perubahan program kejuruannya menjadi Jurusan Boga, Busana dan Patiseri.Tahun 1987, masa Jabatan Ibu Herminten Syarief selaku Kepala SMKK Negeri 2 berakhir, dan dilanjutkan oleh Ibu Dra. Hj. SUMI MAHMOED (dengan masa jabatan sampai tahun 1990) satu tahun setelah pensiun beliau meninggal dunia.Pada tahun 1990, Jabatan Kepala Sekolah dilanjutkan oleh Ibu HJ. AISYAH SALEH.
Pada tahun 1997 program Jurusan Patiseri dihapuskarena kondisi sarana/ prasarana ruang praktek patiseri yang kurang memadai.Tahun 1997, Jabatan Kepala SMKK 2 dilanjutkan oleh Ibu Dra. SUGIATI. Pada masa kepemimpinan beliau terdapat perbaikan yang cukup menonjol , diantaranya penilaian ME dengan hasil yang sangat baik. Pada tahun 1999 terdapat perubahan Kurikulum dan nama SMKKN 2 diubah menjadi SMKN 30 Kelompok Pariwisata, perubahan nama tersebut berasal dari nomor unit berdirinya sekolah–sekolah kejuruan.Tahun 1999, Jabatan Kepala Sekolah dilanjutkan oleh Ibu Dra. MR. JEANE PASTORA. Dibawah kepemimpinannya beliau berusaha untuk membangkitkan kembali potensi–potensi yang ada untuk dapat muncul kepermukaan agar dapat meraih kembali keteladanan sekolah yang pernah diraih pada tahun 1970–1980.Selama tahun 1999–2003, SMK Negeri 30 banyak mengikuti perlombaan–perlombaan antara sekolah, salah satunya adalah keberhasilan meraih juara I Bahasa Perancis pada PKS Tingkat Nasional tahun 2002 di Bandung.Pada bulan Oktober tahun 2003, jabatan Kepala SMK Negeri 30 Jakarta dilanjutkan oleh bu Dra. D.H. LUITNAN KOK. Dibawah kepemimpinan beliau yang belum genap satu tahun, pada bulan Maret 2004 SMK Negeri 30 berhasil meraih juara I PKS (Bidang Cookery) tingkat propinsi DKI Jakarta dan juara II PKS (Bidang cookery) tingkat Nasional yang dilaksanakan pada bulan Juni 2004 di Semarang. Pada bulan Juli 2004 meraih juara II DKI untuk Nuansa Olahan Ternak dan Ikan.Juara I Desain antar Interstudi. Setelah Dra. Luitnan Kok habis masa tugasnya (pensiun) sambil menunggu kepala sekolah yang baru, SMK Negeri 30 JakartaPLH Kepala Sekolah di lanjutkan oleh Drs. HARIBOWO SUNARYO, MM dengan masa jabatan Januari s.d Agustus 2006.Pada Bulan September 2006 SMK Negeri 30 Jakarta memiliki kepala sekolah baru yang bernama Dra. SONNY SIHITE, MM. Pada masa jabatannya SMKN 30 termasuk salah satu Sekolah Rintisan Bertaraf Internasional (RSBI).Pada Nopember 2010 SMK Negeri 30 Jakarta dipimpin oleh kepala sekolah yang baru bernama Drs. H. Wurdono, M.Pd (ex. Kepala SMK Negeri 29 Jakarta), yang sebelumnya bernama STM Penerbangan. sekaligus pada masa jabata beliau istilah RSBI pada SMKN 30 Jakarta berakhir.Pada tahun 2011 bulan April dari Drs.H.Wurdono, M.Pd Jabatan Kepala Sekolah beralih ke Ibu Nanaik Radmiasih, S.Pd,pada bulan Maret tahun 2014 beliau pindah tugas ke SMK 28 sebagai penggantinya yang menjadi Kepala SMK Negeri 30 Jakarta adalah Ibu Dra. Komariah, M.Pd pada tahun 2015 bulan SMKN 30 Jakarta mempunyai kepala sekolah baru lagi yakni Dra. Esta Pinta Siagian, M.Hum sampai bulan September. Pada hari Selasa tanggal 29 Agustus 2017 SMK Negeri 30 Jakarta terjadi pergantian kepala sekolah dari Dra. Esta Pinta Siagian, M.Hum kepada Dra. Tini Kartini, M.Pd sampai sekarang.
Bagikan artikel ini:
Sri Endang Rahayu, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamualaikum Warahmatullah WabarakatuhAlhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website sekolah ini…

Berlangganan
Banner