You need to enable javaScript to run this app.

Pramuka

  • Kamis, 10 Juni 2021
  • Admin

Pemuda merupan aset terbesar suatu bangsa, Bung Karno pernah berkata:

"Bawakan aku 10 Pemuda maka akan Kugoncangkan dunia"

Yohanes Surya, Seorang fisikawan indonesia pun pernah berkata :

"Tidak ada murid yang bodoh, hanya belum mendapatkan Guru & Metode yang tepat"

dari kedua kutipan tersebut bisa kita tarik kesimpulan, bahwa suatu bangsa bisa sangat maju jika benar-benar memanfaatkan Aset terbesarnya yaitu PEMUDA, melalui kegiatan positif & produktif.

Salah satu kegiatan positif & produktif yang dapat dilakukan khususnya didalam lingkup Lembaga Pendidikan Formal adalah, PRAMUKA.

Pramuka memiliki peranan yang penting dalam pembangunan bangsa dan negara. Melalui pramuka banyak tercipta generasi muda yang memiliki karakter pemimpin, bertanggung jawab, cerdas, serta kreatif. Melalui berbagai kegiatan dalam pramuka, seseorang bisa berproses menjadi pribadi yang lebih baik dengan karakter yang berkualitas.

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang mempunyai makna jiwa muda yang suka berkarya. Sebelum kata pramuka ini ditetapkan, kata pramuka pertama asalnya diambil oleh Sultan Hamengkubuwono IX, yakni dari kata Poromuko, yang memiliki arti pasukan terdepan dalam perang.

Sementara itu gerapakan pramuka Indonesia adalah nama organisais non formal yang melaksanakan pendidikan kepanduan dan dilaksanakan di Indonesia. Kemudian yang dimaksud dengan kepramukaan adalan sebuah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah serta di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan, menarik, menyehatkan, teratur, praktis, terarah dan dilakukan di alam terbuka.

Bagikan artikel ini:
Sri Endang Rahayu, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamualaikum Warahmatullah WabarakatuhAlhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website sekolah ini…

Berlangganan
Banner