You need to enable javaScript to run this app.

Hari Guru Nasional 2021

Hari Guru Nasional 2021

Setiap tanggal 25 November merupakan moment yang spesial bagi setiap Guru di Indonesia, karena pada tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Guru secara Nasional. Biasanya dalam peringatan Hari Guru Nasional, para guru akan melaksanakan upacara bendera . Namun semenjak pandemi covid-19 melanda sejumlah sekolah di Indonesia tidak bisa memperingati langsung Hari Guru Nasional termasuk di SMK Negeri 30 Jakarta, Namun pada kesempatan tahun ini kami bisa melaksanakan Upacara peringatan Hari Guru walaupun dengan jumlah petugas dan peserta upacara yang apa adanya, namun tidak mengurangi kekhidmatan dalam upcara tersebut. 

Kolase hari guru

Kolase Twibone Hari Guru SMK Negeri 30

Hari Guru Nasional memiliki sejarah yang panjang. Dilansir dari situs resmi PGRI DKI Jakarta, begini cikal bakal berdirinya PGRI.

Cikal bakal PGRI sudah terlihat sejak zaman Belanda dengan berdirinya Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) 1912. Tak lama setelah PGHB berdiri kemudian banyak muncul organisasi guru baru seperti Persatuan Guru Bantu (PGB) dan Perserikatan Guru Ambachtsschool (PGAS) serta organisasi guru berbasis keagamaan atau kebangsaan seperti Christelijke Onderwijs Vereneging (COV) dan Katolieke Onderwijsbond (KOB).

Semangat pribumi untuk memperbaiki kehidupan dan mencapai kemerdekaan menghantarkan pada perubahan besar. PGHB yang merubah nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada tahun 1932 yang mencerminkan semangat kebangsaan menjadi bukti perjuangan nasional saat itu. Meski sempat ditutup pada zaman pendudukan Jepang, para guru pribumi kembali membangun semangat juangnya.

Kolase Dinas Pendidikan
Kolase Twibbone Dinas Pendidikan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2021

Semangat kemerdekaan tahun 1945 menjadi dorongan besar dilaksanakannya Kongres Guru Indonesia yang digelar pada 24-25 November 1945. Dalam kongres yang mempertemukan berbagai organisasi guru dengan latar belakang berbeda itu lahirlah PGRI. Bertepat pada tanggal 25 November tahun 1945 di Surakarta, PGRI didirikan dengan semangat kemerdekaan.

Peringatan Hari Guru Nasional setiap tahunnya mulai berlaku sejak ditetapkannya Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 1994. Soeharto yang merupakan presiden saat itu menandatangani keputusan tersebut.

Komite Sekolah smkn30
Kunjungan Komite SMKN 30 Jakarta, dalam rangka Hari guru Nasional

Dikutip dari Keppres nomor 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional, terdapat dua hal yang menjadi pertimbangan ditetapkannya Hari Guru Nasional yaitu:

Guru memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional.
Tanggal tersebut diperingati sebagai hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia dan sebagai upaya untuk mewujudkan penghormatan kepada guru.


Pameran produk smk

Pameran Produk SMK dalam rangka memperingati HGN 2021 di Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta

Bagikan artikel ini:
Sri Endang Rahayu, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamualaikum Warahmatullah WabarakatuhAlhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website sekolah ini…

Berlangganan
Banner